March 7, 2009

Comdev 2009 : “Punten.. Mangga.. Mampir dulu..”

Ada 1 hal yg gw sadari bener2 ngebedain antara kehidupan di desa n kota.. Krn gw comdev di desa Palasarigirang yg cukup terpencil, gw jd ngerasain sendiri perbedaan itu. Kalo di kota, qta uda bener2 jd makhluk individualis yg egois n bodo amat ama urusan org laen. Yah, jarang2 kan qta bergaul ama tetangga bahkan mungqn kenal pun ga ama org2 di 1 kompleks qta.. Tp kalo di desa, hmm suasananya kekeluargaannya bener2 kerasa. Tiap kali jalan2 tuh kayanya smua org yg qta lewatin serasa keluarga ndiri, krn pd ramah2 n slalu nyapa. Jd kalo qta lewat pasti qta ngmng “Punten..” artinya kaya permisi gt deh, trus dijawabnya “Mangga2.. Mampir dulu..” dr ibu2 yg lg ngerumpi dpn rumah, anak muda maen gitar dpn warung ampe tukang ojek smuanya ngmng gt. Hehehe..

Apalagi qta disana seringannya jalan kaki ampe berkilo2, abis ga ada mobil ato motor yg bs qta kendarai jd pasti ngelewati org2 n rumah mereka.. Yah paling kalo uda ga kuat, naek angkot ato odong2 namanya yg biasanya byr 1000 hehehe.. Kalo mau gratis, bs juga naek pick up terbuka. Seru deh, rame2 gt! Tp yg pasti enak bgt anginnya, gw suka :D

Pernah sekali wkt gw ama sekelompok gw jalan sore2 ke Indomaret (yg kami anggap mall slama disana, hehe..) trus jalannya kan jauuhhh bgtt (maklum wkt itu br pertama kali) nah pas ampe belokan dkt Indomaret akhirnya qta ngeliat juga plang Indomaret gt, wah gila.. Qta senenk bgt! Pd ampe lompat2an n tepuk tangan, hohoho.. Trus ada penduduk yg rumahnya di dpn situ yg ngmng “wah, uda ketemu deh Indomaretnya..” dan tnyata tau ga c, org yg ngmng itu adalah guru Paud yg bkl qta dtngin (next story about it) fiuh bener2 deh ketemunya dy lagi, dy lagi.. Dunia terasa sungguh sempit!

Selaen itu ada 1 lg, gosip.. Hmm, kayanya mank org desa mank sk bgt ama yg namanya ngmngin org ato ngegosip. Tiap ada kesempatan n waktu luang pasti deh! Masalahnya, wkt luang org2 desa cukup berlimpah ruah.. Jadilah kalo ada info, gosip, n aib org2 di desa itu cepet bgt penyebarannya. Malah sering kali uda jd rahasia umum aja. Mana mereka kan sering ngumpul2 ama sdr2nya yg jumlahnya sngt bnyk.. Kayanya kalo ditanyain ttg pak ini, jawabnya “oo, itu sdr saya!” buset sdrnya dr ujung jalan kayanya ga abis2, gw ga tau lg deh. Tp ktnya c dulunya mereka mank 1 keluarga gt. Astaga >.<

No comments:

Post a Comment