November 13, 2009

Indonesia Financial Literacy Seminar & Workshop

Hari ini gw menghadiri seminar n workshop yg berjudul "Initiating Indonesia Financial Literacy Roadmap" di UI. Smua berawal dr telp admin minggu kmrn yg nawarin gw utk ikut seminar brg Pak Lukas (wkt itu masih blum jelas gt ama topik sminarnya jd gw cm inget adminnya ngmng ada Pak Lukas nya doank, hahaha..) yah jelas gw mau lah! Mimpi aja ga pernah gw.. Trus gw disuruh nyari anak finance jg n gw usulin Ridho si manusia seminar, abisnya demen bgt c tuh anak ikut seminar, hehe :p

Brangkat jem 8an pk mobil kampus.. Tnyata Pak Aries jg ikut! Slama di mobil, kedua dosen finance itu bnyk ngbrl2 ttg peserta training2 gt kayanya, pokoknya yg pasti bkn mahasiswa S1 deh soalnya mereka jg nyebut murid2nya dgn Pak ato Bu hehe.. Trus gw dikasih voucher taxi Blue Bird bwat pulang soalnya ktnya mereka ada urusan, penutupan In House Training ato apa gt jd hrs balik duluan.

Seminarnya diadain di auditorium FE UI n pembicaranya tdiri dr 5 org.. Yg pertama Ligwina Hananto, tnyata dy toh yg siaran di Hard Rock FM ttg perencanaan keuangan hr Kamis gt soalnya gw sering denger iklannya hehe! Gila, seru bgt orgnya! Bener2 cocok bwat org2 muda, jd pengen dgrin Hard Rock nih hr Kamis bsk cm mslhnya gw lupa jem brp >.<

Trus ada jg 2 org yg ngmngin ttg riset2 gt gmn c melek finansial n info2 yg berkaitan dgn itu di klas menengah baik sektor formal maupun informal.. Tnyata masih bnyk bgt org Indo yg illiterate ttg masalah keuangan n yg jd fokus disini adlh golongan middle class, knp? Krn kalo gol bwh tuh boro2 bwat investasi dah, survive utk hidup aja susah! Sdngkan golongan atas pasti biasanya mereka pasti uda meng-hire profesional2 bwt ngelola kekayaannya.. Jd penting bagi golongan menengah ini utk sadar finansial kalo ga mau hidupnya merana.

Dan 2 org berikutnya berasal dr FPSB (Financial Planning Standard Board) n FPA (Financial Planner Asscosiation) yah sdikit2 promosi ttg Financial Planner jg c, CHP yg ktnya cm 400an org se-Indo n Pak Aries salah 1 nya hohoho keren2.. Tp ktnya license nya itu expired tiap 2 th, jd hrs diperpanjang n byr iuran tahunan 1 juta. Yah, ga ada apa2nya c kalo mank bs ngehasilin lebih n pastinya keren lah.. Become part of Financial Planner community yg scr standard diakui internasional :D

Bgs2 c presentasinya! Dan krn mank yg namanya Financial Literacy ato bhs gaulnya melek finansial berkaitan erat bgt ama kehidupan sehari2 jd rasanya lebih gmn yah familiar aja gt. Dr mulai ttg kartu kredit, bikin laporan keuangan pribadi, ngebhs org2 yg slalu kekurangan duit walopun penghasilannya gede, brp dana yg hrs qta sisihin utk mencapai goal2 qta ampe at the end bs mencapai financial freedom.. It's all how u plan n manage ur personal finance! Interesting, isn't it?

Stlh sesi tanya jawab, dilanjutkan dgn sesi mkn siang! Hohoho, sharusnya si Ridho kan sholat Jumat.. Tp akhirnya mkn dl brg2, alasan nemenin gw cm blkngan bilank jg mendingan makan dl biar konsenrasi sembahyangnya. Ntar kalo blum mkn, khawatir keabisan dll.. Hahaha, dsr2!

Abis istirahat acara selanjutnya adlh workshop mahasiswa, jd dibedain gt ama workshop dosen.. Yah scr judulnya jg Roadmap kan. Ada penjelasan bentar trus qta disuruh diskusi gt, dibagi 3 klmpk besar n akhirnya suruh presentasi gmn ide2 n action plan yg mungqn bs direalisasiin oleh kalangan mahasiswa terkait dgn financial literacy. Usulnya variatif, ada yg nargetin ke mahasiswa, UKM, bahkan ke anak kecil..

Workshopnya seru jg, jd qta tuh dr 9 universitas (sbenernya total 15 universitas, cm sisanya ga dtng kayanya) gt.. Ada yg dr SBM ITB, Bakrie University, Univ Pancasila, Trisakti, Unpad, dll. Cm gw agak cukup kaget jg loh, soalnya nama Prasetiya Mulya somehow tuh terkenal jg! Hahaha, abisnya sering jg nama2 Prasmul disebut ama pembicara gt trus dr omongan2 anak2 pas diskusi pun sptnya uda familiar aja ama Prasmul. Senanknya walopun kampusnya kecil tp namanya besar (ini istilahnya Ridho btw) ^^

Slese workshop, tuker2an info, ttd2 di buku Robert T. Kiyosaki "Financial IQ" yg jd door prize n dimenangin ama slh 1 anggota kelompok gw, ngantri ambil sertifikat.. Uda lamaa, eh tnyata tintanya abis! Cape deh, jdnya dikirim ntar.. Si Ridho ngambil modul dl bwat dosen, yah abisnya dosen Prasmul ga ada yg dtng workshop c kburu pulang jem 11an! Pdhal uda ada gt kurikulum Personal Finance jd tinggal diimplementasiin doank sbg matkul..

Abis itu mau pulang.. Sempet sperti anak kehilangan induk c. Bingung mau manggil taxi jg ga ngerti tmptnya dimana tepatnya gw n Ridho berada. Bs2 supir taxinya nyariin kemana2 kan.. Akhirnya menuju ke arah luar (krn ga tau itu dpn ato bkng) n ngeliat bikun! Td sempet nanya ke anak UI yg nitipin poster n surat undangan lomba ttg cara naek taxi dr dlm FE UI n dy bilank naek bikun aja turun di halte.. (ya ampun gw lupa lg namanya!)

Ya uda, ke halte pk payung gw yg ampir agak mau rusak.. Ujan soalnya! Sambil loncat2 menghindari genangan air akhirnya sampe jg di halte seberang n nunggu bikun. Lamaa.. Eh ada taxi yg nyala lampunya! Yes, lngsng deh msk n balik ke kmps.. Dingin bo di taxi! Macet pula, tp itu bkn masalah krn bukan kami yg membayar ;D

No comments:

Post a Comment