October 7, 2009

Glass Barrier

Gw sempet mikir.. Gmn yah kalo di dunia ini smua org tuh ras, suku bangsa, kelas sosial, budaya n agamanya sama smua? Pasti jdnya monoton c, smuanya sama.. Ga ada perbedaan satu sama laen. Cm gw pikir2 lg, ga akan ada tuh yg namanya konflik agama, perselisihan antar suku, dll.. Yah kalo itu c mungqn lingkupnya uda gd c yg ngelibatin suku, daerah ato negara tertentu. Bwat skala yg lebih kecil, ga akan ada lg pertentangan cinta gr2 perbedaan2 tsb..

Yah, qta uda seringlah denger kasus2 cinta terlarang gr2 beda suku lah, agama yg bersebrangan, gap kelas sosial, dll. Hmm, sbener2nya c yah kalo uda nyangkut cinta perbedaan2 “demografis”kaya gt hrsnya ga jd masalah loh.. Mnurut gw, smua itu dibesar2in semata2 krn pandangan n pemikiran org2 aja. Baik munqn itu memandang rendah org2 yg beda dgn dirinya atopun pemikiran generalisasi yg nganggep sifat n tindakan sebagian org mencerminkan keseluruhan.

Yg bikin tambah parah, sebagian org sngtlah mementingkan persepsi org laen pd dirinya.. Maka seringlah suka ada pertentangan dr pihak ortu kalo anaknya memilih pasangan hidup yg ga “sama” dgn mereka.Bahkan ada yg uda turun menurun tradisi tsb, mengakar ampe dalem bgt di bbrp keluarga.. Walopun keluarga besar gw ga ampe bener2 strict bgt masalah ini, tp tetep aja pas tante gw mau nikah ama calon suaminya dl yg berbeda dgn keluarga gw awalnya ditentang abis2an ama kakek gw. Tp akhirnya c dibolehin jg c hehehe..

Mungqn ga smua pasangan seberuntung n sebahagia tante n om gw itu.. Dan gw sungguh menyayangkan kejadian2 spt itu. Rasanya sedih aja kan kalo misalnya qta ktemu pasangan hidup qta yg mencintai satu sama laen n tnyata krn perbedaan yg mank dr sananya (toh qta ga bs milih mau lahir dimana n jd suku apa toh?!) qta hrs mengorbankan cinta demi adanya persamaan.. Lalu kalo kaya gt mending org2 di dunia ini disamain aja donk biar ga repot.

Walopun bnyk org yg bilank kalo perbedaan itu ga jd masalah, hal itu susah bgt diaplikasiin di kehidupan riil.. Keliatannya aja qta bs berkumpul bersama meski berbeda2 (kaya slogannya Indo bhineka tunggal ika, hehe) tp gw ngerasanya tetep ada batasan yg mungqn mank invisible tp tetep aja ada! Ibaratnya tuh kaya qta berdiri dlm ruangan yg besar tp disekat ama dinding kaca.. Kalo dr atas keliatannya aja berbaur tp susah bgt bwat bs nembus sekat pemisah tsb.

Dan kembali masalah cinta terlarang, sungguh malang skali yah nasib mereka krn cuma bs ngeliat cintanya dr balik dinding kaca yg ada :(

No comments:

Post a Comment